Sekapur Sirih


Selamat datang di Blog ICT SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta

Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jaman sekaran ini mutlak bagi para siswa untuk dapat mengikuti perkembangan jaman. Blog ini diharapkan mampu membantu para siswa untuk mengembangkan kemampuan penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga nantinya dapat meningkatkan Kompetensi Lulusan dari sekolah ini dan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain pada tingkat pendidikan selanjutnya.
Saran dan masukan sangat diharapkan demi perkembangan ICT di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta. Akhirnya semoga dapat bermanfaat. Terimakasih


Kamis, 16 September 2010

Mencari Tahu Spesifikasi Komputer Seperti Apa Yang Cocok Untuk Kalian

Mencari Tahu Spesifikasi Komputer Seperti Apa Yang Cocok Untuk Kalian

Sebelum kalian membeli komponen-komponen komputer untuk kalian rakit sendiri ataupun minta dirakitkan oleh toko menjadi sebuah unit komputer, ada baiknya kalian menganalisa terlebih dahulu mengenai kebutuhan-kebutuhan kalian akan komputer tersebut. Cari tahu aktifitas apa yang akan kalian lakukan dengan komputer tersebut nantinya, hal ini berguna untuk mencegah kalian membeli komponen-komponen komputer yang tidak kalian perlukan atau komponen-komponen komputer dengan spesifikasi tinggi dan harga tinggi namun pada kenyataannya tidak akan terpakai oleh aktifitas kalian, dengan begitu kalian bisa menghemat biaya yang harus kalian keluarkan untuk membangun sebuah unit komputer.

Ada beberapa komponen komputer yang memegang peranan penting ketika melakukan berbagai aktifitas berbeda berdasarkan pengalaman saya, beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantu kalian dalam menentukan spesifikasi komputer seperti apa yang cocok untuk aktifitas kalian:

RAM Berkapasitas Besar

Jika kalian sering bekerja dengan cara membuka beberapa aplikasi-aplikasi berbeda secara bersamaan, atau memainkan game-game terbaru, maka RAM berkapasitas besar harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer. Karena jika RAM-nya kecil misalnya hanya berkapasitas 512 MB saja, komputer kalian akan terasa berat nantinya.

Processor Dengan Clock Speed Tinggi Atau Processor Dengan Multi-Core

Jika kalian sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak melakukan perhitungan-perhitungan misalnya aplikasi-aplikasi scientific, simulasi, game-game terbaru, atau melakukan beberapa proses pada beberapa aplikasi berbeda secara bersamaan, maka processor dengan clock speed tinggi atau processor dengan multi-core harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Hard Disk Berkapasitas Besar

Jika kalian sering menyimpan atau mengoleksi data-data multimedia seperti film dan lagu, mengoleksi software, atau kalian sering meng-install aplikasi-aplikasi yang membutuhkan space hard disk yang besar seperti game-game terbaru, maka kapasitas hard disk besar harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Video Card Dengan Spesifikasi Tinggi

Jika kalian seorang gamer, maka memiliki sebuah video card dengan spesifikasi tinggi di komputer kalian sudah menjadi suatu keharusan, karena kalau tidak kalian tidak bisa menjalankan game yang ingin kalian mainkan tersebut, atau bisa jalan tapi gambarnya lambat atau patah-patah.

Sound Card Dengan Kualitas Bagus

Jika kalian seorang komposer musik yang sering bekerja menggunakan aplikasi-aplikasi musik digital, maka sound card dengan kualitas bagus harus menjadi salah satu prioritas kalian dalam membangun sebuah unit komputer.

Monitor Berukuran Besar Dengan Resolusi Tinggi

Monitor berukuran besar dengan resolusi tinggi akan bermanfaat jika kalian sering bekerja dengan cara menyandingkan beberapa jendela aplikasi secara bersamaan agar semua jendela tersebut terlihat pada saat kalian melakukan pekerjaan kalian. Monitor berukuran besar juga akan terasa bermanfaat jika kalian adalah seorang graphic designer, karena dengan begitu maka kalian bisa melihat ukuran canvas secara utuh di aplikasi grafis yang kalian gunakan tersebut tanpa harus men-scroll-nya.